PREDIKSI RISIKO PENYAKIT KRONIS PADA PESERTA BPJS DENGAN PENDEKATAN DATA ANALISIS DAN VISUALISASI HASIL MENGGUNAKAN POWER BI DAN PYTHON Studi Kasus pada kegiatan Healthkathon 2.0 BPJS Kesehatan

Gambar
  Deskripsi Ide Deskripsi ide ini adalah tentang upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS dengan menggunakan analisis data yang mendalam dan prediksi risiko penyakit kronis seperti diabetes mellitus atau tuberkulosis. Berikut adalah komponen utama dari ide ini: Pemahaman Risiko Kesehatan: Tujuan utama adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta BPJS Kesehatan tentang risiko penyakit kronis yang mereka hadapi. Ini dapat dilakukan melalui edukasi dan komunikasi yang lebih baik berdasarkan analisis data. Prediksi Risiko Penyakit: Menggunakan alat seperti Power BI dan Python, ide ini akan mengembangkan model prediksi risiko penyakit kronis. Model ini akan menggunakan data historis peserta untuk mengidentifikasi individu yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit kronis tertentu. Meningkatkan Kualitas Pelayanan: Dengan pemahaman yang lebih baik tentang risiko kesehatan peserta, BPJS Kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Ini mungkin meliba

Website Traffic Analysis

 

 

 Analisis Lalu Lintas Website

 
Gambar: audiomaster

Latar Belakang

Latar belakang masalah dalam proyek ini adalah memahami lalu lintas website dengan lebih baik, khususnya volume dan distribusi peristiwa-peristiwa, serta mengembangkan ide-ide untuk meningkatkan tingkat klik tautan.

Lalu lintas website dapat mencakup berbagai jenis peristiwa, seperti kunjungan pengguna, interaksi dengan halaman, dan tautan yang diklik. Memahami volume peristiwa dan pola distribusinya penting untuk mengevaluasi kinerja website dan mengidentifikasi area potensial yang perlu diperbaiki.

Dalam konteks meningkatkan tingkat klik tautan, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya. Analisis terhadap data lalu lintas website dapat memberikan wawasan tentang perilaku pengguna, preferensi konten, atau aspek desain yang dapat memengaruhi tingkat klik tautan. Dengan demikian, analisis ini dapat membantu dalam mengembangkan strategi untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan tautan yang disediakan.

Melalui pemahaman yang mendalam tentang lalu lintas website dan analisis yang teliti, tim rekrutmen dapat mengukur efektivitas dan kesuksesan website serta mengidentifikasi peluang perbaikan atau pengembangan. Oleh karena itu, latar belakang masalah ini memainkan peran penting dalam menilai kemampuan kandidat ilmu data untuk menganalisis dan mengoptimalkan lalu lintas website.

(https://isrc.ifpi.org/en/)

Tujuan 

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Memahami lalu lintas website: Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang lalu lintas website, termasuk volume dan distribusi peristiwa-peristiwa yang terjadi. Dengan menganalisis data lalu lintas, tujuan ini adalah untuk mengidentifikasi pola dan tren yang dapat memberikan wawasan tentang perilaku pengguna, preferensi konten, dan interaksi dengan halaman.

  2. Menilai kinerja website: Melalui analisis lalu lintas website, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja website saat ini. Dengan memahami jumlah peristiwa dan distribusinya, dapat diperoleh pemahaman tentang efektivitas website dalam menarik dan mempertahankan pengunjung. Hal ini dapat membantu dalam mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki atau dioptimalkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan pencapaian tujuan bisnis.

  3. Meningkatkan tingkat klik tautan: Salah satu tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan ide-ide dan strategi untuk meningkatkan tingkat klik tautan. Dengan menganalisis data lalu lintas, tujuan ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat klik tautan dan mencari hubungan antara variabel-variabel yang ada dalam data. Hal ini dapat membantu dalam merancang tautan yang lebih menarik, memperbaiki tata letak halaman, atau menyempurnakan konten untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan tautan yang disediakan.

  4. Memberikan rekomendasi dan saran: Berdasarkan analisis data dan temuan yang ditemukan, penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi dan saran konkret untuk meningkatkan lalu lintas website dan tingkat klik tautan. Rekomendasi ini dapat mencakup tindakan perbaikan spesifik, pengoptimalan desain halaman, atau pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif. Tujuan akhirnya adalah untuk memberikan panduan praktis yang dapat membantu dalam mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan keberhasilan website.

Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang lalu lintas website, kinerja website, serta ide-ide dan rekomendasi untuk meningkatkan tingkat klik tautan.

Temuan 

Setelah melakukan analisis visual data melalui dashboard, berikut adalah hasil temuan yang diperoleh dari setiap dashboard yang telah dibuat dalam proyek ini:

a. Tingkat Keseluruhan Tampilan


Dari data di atas, berikut adalah insight dan rekomendasi berdasarkan informasi yang tersedia:

  •  Click Rate: Click Rate mengukur seberapa sering pengguna mengklik tautan setelah melihatnya. Data Click Rate bervariasi dari 0 hingga 1, dengan 1 menunjukkan bahwa setiap tautan yang dilihat pengguna selalu diklik.
  • Clicks dan Pageview: Clicks mengacu pada jumlah kali pengguna mengklik tautan, sedangkan Pageview mengacu pada jumlah kali halaman yang terkait dengan tautan tersebut dilihat oleh pengguna.
  • Tautan Tanpa Klik: Beberapa tautan dalam data tidak memiliki informasi Clicks dan Pageview, yang menunjukkan bahwa tidak ada klik atau tampilan halaman terkait.

Berdasarkan insight di atas, rekomendasi yang diberikan adalah fokus pada tautan dengan tingkat klik rendah dan identifikasi penyebabnya. Lakukan perbaikan pada tautan tersebut dengan mengoptimalkan judul, deskripsi, dan penempatan. Selain itu, perbaiki pengalaman pengguna dengan memastikan tautan mengarah ke halaman yang relevan dan menarik. Analisis konten dan halaman terkait juga diperlukan untuk meningkatkan kinerja tautan dan mengoptimalkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

b. Negara Event Click  


Dari data tersebut, berikut adalah dua insight dan rekomendasi berdasarkan informasi yang tersedia:

  1. Insight: Negara-negara seperti India, Amerika Serikat, dan Arab Saudi memiliki jumlah acara yang tinggi. Sementara itu, negara-negara seperti Ghana, Belgia, dan Swedia memiliki jumlah acara yang lebih rendah.

Rekomendasi: Fokuskan upaya pemasaran dan promosi acara di negara-negara dengan jumlah acara yang tinggi, seperti India, Amerika Serikat, dan Arab Saudi, untuk menarik lebih banyak partisipan. Lakukan analisis pasar dan penargetan yang tepat untuk mencapai audiens yang relevan di negara-negara tersebut. Di sisi lain, perhatikan negara-negara dengan jumlah acara yang rendah, seperti Ghana, Belgia, dan Swedia, untuk mengidentifikasi peluang peningkatan partisipasi dengan strategi pemasaran yang lebih khusus.

  1. Insight: Negara-negara seperti Indonesia, Bangladesh, dan Ghana, meskipun memiliki populasi yang besar, memiliki jumlah acara yang relatif rendah.

Rekomendasi: Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi dalam acara di negara-negara tersebut. Identifikasi kendala dan hambatan yang mungkin ada, seperti aksesibilitas, preferensi budaya, atau kesadaran acara. Berdasarkan pemahaman ini, buat strategi pemasaran dan promosi yang lebih tepat sasaran untuk meningkatkan partisipasi dalam acara di negara-negara tersebut. Kolaborasi dengan mitra lokal dan memahami preferensi dan kebutuhan audiens setempat juga dapat membantu dalam meningkatkan partisipasi acara.

Dengan mempertimbangkan insight dan rekomendasi di atas, Anda dapat mengarahkan upaya pemasaran dan promosi dengan lebih efektif dan meningkatkan partisipasi dalam acara di berbagai negara.

c. Album By Event 



Dari data tersebut, berikut adalah dua insight dan rekomendasi berdasarkan informasi yang tersedia:

  1. Insight: Jumlah tampilan halaman (pageview) jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah klik (click) dan pratinjau (preview). Hal ini menunjukkan bahwa banyak pengguna mengunjungi halaman tersebut, tetapi jumlah pengguna yang benar-benar mengklik atau melihat pratinjau album lebih rendah.

Rekomendasi: Perlu diperhatikan bagaimana meningkatkan konversi dari tampilan halaman menjadi tindakan yang lebih lanjut, seperti klik atau pratinjau album. Perbaiki kejelasan tautan atau tombol yang mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan selanjutnya. Gunakan tampilan halaman yang menarik dengan konten yang relevan untuk mendorong lebih banyak pengguna untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti mengklik atau melihat pratinjau album.

  1. Insight: Jumlah klik (click) lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pratinjau (preview). Ini menunjukkan bahwa pengguna lebih cenderung untuk langsung mengklik album daripada melihat pratinjau sebelumnya.

Rekomendasi: Dalam hal ini, penting untuk memastikan bahwa informasi dan elemen menarik ditempatkan secara strategis di halaman yang menampilkan album. Dengan menampilkan beberapa elemen menarik seperti gambar sampul album, deskripsi singkat, atau cuplikan lagu, pengguna dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang album tersebut sebelum mereka memutuskan untuk mengkliknya. Pastikan pratinjau album tersedia dengan mudah di halaman dan berikan insentif bagi pengguna untuk melihat pratinjau sebelum memutuskan untuk mengklik album tersebut.

Dengan mempertimbangkan insight dan rekomendasi di atas, Anda dapat meningkatkan efektivitas tampilan halaman dalam menghasilkan tindakan yang diinginkan, serta meningkatkan perhatian pengguna terhadap pratinjau album sebelum mereka memutuskan untuk mengkliknya.

 d. Event Album 

Dari data tersebut, berikut adalah insight dan rekomendasi berdasarkan informasi yang tersedia:

Insight: Jumlah acara dan jumlah album menunjukkan tren penurunan dari tanggal 19 Agustus 2021 hingga 25 Agustus 2021. Terdapat penurunan yang stabil dalam jumlah acara dan jumlah album yang dihitung setiap hari.

Rekomendasi: Mengingat tren penurunan tersebut, penting untuk melakukan analisis lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor yang mungkin menyebabkan penurunan tersebut. Evaluasi faktor-faktor seperti perubahan dalam strategi pemasaran, penurunan minat pengguna, atau kompetisi yang lebih kuat di pasar. Dari situ, Anda dapat mengambil langkah-langkah perbaikan yang sesuai, seperti mengubah strategi pemasaran, meningkatkan kualitas dan keberagaman album yang ditawarkan, atau melakukan penelitian lebih lanjut tentang preferensi pengguna untuk menarik minat kembali.

Dengan memperhatikan insight dan menerapkan rekomendasi tersebut, Anda dapat mengidentifikasi dan mengatasi penurunan dalam jumlah acara dan album, serta mengambil tindakan yang tepat untuk memulihkan atau meningkatkan kinerja di masa depan.

e. Jumlah Tampilan Harian dan lainnya

Insight: Dari data tersebut, terdapat pola yang konsisten antara jumlah klik (click), tampilan halaman (pageview), dan pratinjau (preview) selama periode waktu yang diberikan. Secara umum, jumlah klik dan tampilan halaman cenderung sebanding dan lebih tinggi daripada jumlah pratinjau setiap harinya.

Rekomendasi: Berdasarkan pola tersebut, penting untuk mempertahankan atau meningkatkan tingkat konversi dari tampilan halaman menjadi tindakan klik. Salah satu rekomendasi adalah untuk memastikan bahwa tautan atau tombol yang mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan klik terlihat jelas dan menarik di halaman yang ditampilkan. Selain itu, perhatikan elemen desain, posisi tautan, dan pesan panggilan untuk bertindak yang mendorong pengguna untuk mengklik dan berinteraksi lebih lanjut dengan konten yang ditampilkan.

Dengan mengoptimalkan konversi klik dari tampilan halaman dan memperhatikan elemen desain dan tautan yang menarik, Anda dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan meningkatkan efektivitas pengaruh tampilan halaman terhadap tindakan klik yang diinginkan.

d. Pageview dan Clikc 


 

Insight: Dari data tersebut, terdapat hubungan yang kuat antara jumlah klik (click) dan jumlah tampilan halaman (pageview). Semakin tinggi jumlah tampilan halaman, umumnya juga diikuti dengan peningkatan jumlah klik.

Rekomendasi: Berdasarkan insight tersebut, penting untuk terus meningkatkan kualitas dan daya tarik konten yang ditampilkan pada halaman. Perhatikan elemen desain, konten yang relevan, dan pesan panggilan untuk bertindak yang mendorong pengguna untuk melakukan tindakan klik. Selain itu, lakukan pengujian A/B untuk mengidentifikasi elemen yang paling efektif dalam meningkatkan konversi dari tampilan halaman menjadi tindakan klik.

Dengan memperhatikan insight dan menerapkan rekomendasi tersebut, Anda dapat meningkatkan konversi klik dan memaksimalkan pengaruh tampilan halaman terhadap tindakan pengguna yang diinginkan.

e. Jumlah Sebesar ISRC


 Dari data ini dapat kita simpulkan pada web ISRC Total jumlah penggunanya yaitu 226.278, kontribusi paling evektif pada pageview sebesar 142.015, di lanjud dengan clikc sebesar 55.732 terahir preview dengan angka 28.531. untuk negara paling aktif adalah arab saudi dengan jumlah user 28.873.

f. Histogram Linkid by Click Rate 

Insight: Dari data tersebut, terdapat variasi yang signifikan dalam tingkat klik (click rate) pada setiap linkid. Tingkat klik berkisar antara 0,09 hingga 3, dengan sebagian besar tingkat klik berada di bawah 1.

Rekomendasi: Berdasarkan insight tersebut, fokuskan perhatian pada linkid dengan tingkat klik yang rendah (kurang dari 0,5). Lakukan analisis lebih lanjut untuk memahami penyebab rendahnya tingkat klik tersebut, seperti konten yang tidak menarik, penempatan tautan yang kurang strategis, atau kurangnya kesadaran tentang tautan tersebut. Perbaiki dan optimalkan konten dan penempatan tautan, serta tingkatkan visibilitas dan pemahaman pengguna terhadap tautan tersebut melalui strategi pemasaran yang lebih efektif.

Dengan memperhatikan insight dan menerapkan rekomendasi tersebut, Anda dapat meningkatkan tingkat klik pada linkid yang memiliki tingkat klik yang rendah, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan memaksimalkan potensi pengaruh tautan terhadap tujuan bisnis Anda.

g. Customer Experience 

 


Insight: Dari data tersebut, terdapat jumlah pageview yang signifikan (226,278) dan jumlah pengguna aktif yang cukup besar (2,253). Namun, terdapat perbedaan yang cukup besar antara jumlah pageview dan jumlah klik (55,730), serta jumlah preview (28,531).

Rekomendasi: Berdasarkan insight tersebut, rekomendasi yang dapat diberikan adalah untuk meningkatkan tingkat konversi dari pageview menjadi tindakan klik. Perhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konversi tersebut, seperti kejelasan tautan atau tombol yang mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan klik, relevansi konten, dan pesan panggilan untuk bertindak yang menarik. Lakukan pengujian A/B untuk mengidentifikasi elemen yang paling efektif dalam meningkatkan konversi dari pageview menjadi tindakan klik.

Dengan mempertimbangkan rekomendasi tersebut, Anda dapat meningkatkan efektivitas tampilan halaman dalam menghasilkan tindakan yang diinginkan, serta meningkatkan keterlibatan pengguna dan hasil bisnis yang diharapkan.

KESIMPULAN

Insight: Berdasarkan data yang diberikan, terdapat beberapa insight yang dapat diambil secara keseluruhan:

  1. Jumlah pageview (tampilan halaman) lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah klik dan pratinjau. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pengguna mengunjungi halaman tersebut, tetapi jumlah pengguna yang benar-benar melakukan tindakan klik atau melihat pratinjau lebih rendah.

  2. Terdapat variasi yang signifikan dalam tingkat klik (click rate) pada setiap linkid. Tingkat klik berkisar dari sangat rendah (kurang dari 0,1) hingga tinggi (lebih dari 2). Sebagian besar tingkat klik berada di bawah 1.

  3. Terdapat tren penurunan dalam jumlah acara dan jumlah album dari tanggal 19 Agustus 2021 hingga 25 Agustus 2021. Hal ini menunjukkan perlunya melakukan analisis lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan tersebut.

Rekomendasi:

  1. Fokuskan upaya pada meningkatkan konversi dari tampilan halaman menjadi tindakan klik. Perbaiki kejelasan tautan atau tombol yang mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan klik. Gunakan tampilan halaman yang menarik dengan konten yang relevan untuk mendorong lebih banyak pengguna untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

  2. Optimalkan tingkat klik pada linkid dengan tingkat klik yang rendah. Lakukan analisis lebih lanjut untuk memahami penyebab rendahnya tingkat klik tersebut dan perbaiki konten, penempatan tautan, serta strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan tingkat klik tersebut.

  3. Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan jumlah acara dan jumlah album. Lakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami perubahan dalam strategi pemasaran, minat pengguna, atau kompetisi di pasar. Sesuaikan strategi pemasaran, kualitas konten, dan penargetan untuk menarik minat pengguna kembali.

Kesimpulan: Secara keseluruhan, data menunjukkan perlunya fokus pada meningkatkan konversi tampilan halaman menjadi tindakan klik, mengoptimalkan tingkat klik pada linkid dengan tingkat klik rendah, serta menganalisis dan menyesuaikan strategi pemasaran untuk mengatasi penurunan jumlah acara dan album. Dengan mengimplementasikan rekomendasi ini, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan pengguna, meningkatkan hasil bisnis, dan mencapai tujuan yang diinginkan.

 

 

Komentar

  1. Detailed and thorough explanation. Good job my friend

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome! I'm glad my explanation was helpful and satisfying for you. If you have any further questions or need assistance with this project or any other topics, feel free to ask. I'm here to help. May your project using Microsoft Power BI be successful and provide valuable insights for your business. If there's anything else that needs clarification, I'm ready to assist! Happy working, my friend!

      Hapus

Posting Komentar