PREDIKSI RISIKO PENYAKIT KRONIS PADA PESERTA BPJS DENGAN PENDEKATAN DATA ANALISIS DAN VISUALISASI HASIL MENGGUNAKAN POWER BI DAN PYTHON Studi Kasus pada kegiatan Healthkathon 2.0 BPJS Kesehatan

Gambar
  Deskripsi Ide Deskripsi ide ini adalah tentang upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS dengan menggunakan analisis data yang mendalam dan prediksi risiko penyakit kronis seperti diabetes mellitus atau tuberkulosis. Berikut adalah komponen utama dari ide ini: Pemahaman Risiko Kesehatan: Tujuan utama adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta BPJS Kesehatan tentang risiko penyakit kronis yang mereka hadapi. Ini dapat dilakukan melalui edukasi dan komunikasi yang lebih baik berdasarkan analisis data. Prediksi Risiko Penyakit: Menggunakan alat seperti Power BI dan Python, ide ini akan mengembangkan model prediksi risiko penyakit kronis. Model ini akan menggunakan data historis peserta untuk mengidentifikasi individu yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit kronis tertentu. Meningkatkan Kualitas Pelayanan: Dengan pemahaman yang lebih baik tentang risiko kesehatan peserta, BPJS Kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Ini mungkin meliba

Menentukan KPI untuk Memprediksikan Hasil Profit Perusahaan Guna Meningkatkan dari MOM dan YOY



 LAPORAN PROYEK DASHBOARD ANALISIS PERFORMA FOOD STORY

 

1. Permasalahan

Permasalahan yang dihadapi adalah keterbatasan pemahaman tim manajemen mengenai performa Food Story. Tanpa pemahaman yang mendalam tentang kinerja perusahaan, tim manajemen mengalami kesulitan dalam membuat keputusan yang tepat untuk masa depan Food Story. Selain itu, tidak adanya visualisasi dan dashboard interaktif untuk analisis data membuat proses pemantauan dan evaluasi performa menjadi tidak efisien. Tanpa alat yang memadai, tim manajemen kesulitan untuk melihat secara visual dan terperinci tentang penjualan, pesanan, pengeluaran, dan faktor-faktor lain yang
mempengaruhi keberhasilan bisnis Food Story.

2. Tujuan

Tujuan proyek ini adalah mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan membuat dashboard analisis performa yang interaktif menggunakan Google Sheets, SQL, dan Power BI. Melalui pembuatan dashboard ini, data akan dikumpulkan dari berbagai sumber yang relevan dan dianalisis secara menyeluruh. Dengan visualisasi yang baik dan mudah dimengerti, dashboard ini akan memberikan informasi yang relevan kepada tim manajemen, memungkinkan mereka untuk melihat dan memahami dengan lebih baik performa Food Story. Tujuan akhirnya adalah memberikan tim manajemen alat yang efektif untuk pengambilan keputusan yang berdasarkan fakta dan data yang tersedia. Dengan adanya dashboard ini, diharapkan tim manajemen dapat membuat keputusan yang lebih cerdas, meningkatkan efisiensi operasional, dan merumuskan strategi yang tepat untuk pertumbuhan dan keberhasilan Food Story di masa depan 

3. Temuan
Setelah melakukan analisis visual data melalui dashboard, berikut adalah hasil temuan
yang diperoleh dari setiap dashboard yang telah dibuat dalam proyek ini:

a. Detail Customer

i. Sebanyak 245 customer yang telah berlangganan atau berbelanja di Cloud Kitchen
dengan jumlah 471 pesanan.

 

ii. Orderan yang paling banyak dipesan oleh customer atau top 10 secara berurutan dari yang terbanyak hingga paling kecil adalah Dennish Tjandra, Joni, Valiant, Gunawan Aldy, Lisa Amelia, Amin, Izzah, Jackie, Andreas, Yofani. 

 

iii. Customer paling menyukai tipe penjualan dengan menggunakan delivery yaitu sebesar 57,45% atau sebanyak 270 orang.


 iv. Dan dalam memesan pun customer juga lebih menyukai dengan menggunakan delivery.


b. Laporan Penjualan (Level Cabang)

i. Dari data visualisasi yang kami tampilkan, dapat dilihat bahwa waktu tersibuk pemesanan adalah pukul 11.00 - 14.00, yang kemungkinan dikarenakan oleh jam makan siang.

 ii. Untuk Revenue pemesanan, pada hari Senin-Jumat cenderung tinggi dan stabil, namun sedikit menurun pada Sabtu dan Minggu. Ini dimungkinkan karena pada weekdays orang lebih banyak bekerja di kantor dan tidak sempat ke luar, sehingga menggunakan jasa pemesanan makanan online.

 

iii. Cabang yang berkontribusi Revenue paling tinggi adalah Food Story cabang Sawah Besar, dengan lebih dari 2 milliar Rupiah.

 

iv. Sebanyak 67,41 untuk pesanan dan Rp. 6.919.197 untuk revenue pendapatan untuk semua cabang.

 

c. Laporan Penjualan (Level Menu)

i. Berdasarkan Visual yang dibuat pada visual menu, menu categori yang paling banyak diminati yaitu menu Chicken Pao dengan jumlah sebanyak 30481 porsi, kemudian jika dilihat lebih detail untuk kategori menu Chicken Pao menu yang paling banyak laku yaitu Crispy Chicken BBQ sauce dengan nilai sebanyak 4479 porsi.

 

ii. Secara keseluruhan yang paling banyak menyumbangkan revenue tertinggi terdapat pada menu Paket Lahab Special, Crispy Chiken BBQ Sauce, dan Crispy Chiken Garlic Sauce. Selanjutnya menu yang paling banyak laku menu Crispy Chicken Original, sehingga untuk meningkatkan revenue rekomendasinya yaituadanya penggabungan menu/ bundling menu lahap 1 dan Crispy Chicken Original.

iii. Dari Scater plot kita mendapatkan Tredline positif, hal ini menunjukkan bahwa korelasi price dan kuantity sangat signifikan naik.

iv. Performansi antar kuantitas dan revenue cenderung menurun. Terlihat pada grafik bahwa kuantitas cukup besar akan tetapi pendapatannya tidak terlalu banyak/sama dengan kuantitas. Begitu juga dengan pendapatan yang cukup besar tetapi kuantitas cenderung sedikit.

 

d. Laporan Penjualan (Level Customer)

i. Berdasarkan data, total sales order pada level customer adalah sebanyak 100.932 dengan revenue sebesar Rp. 9.306.309.649

 

ii. Berdasarkan data revenue dan total bill dalam setiap bulannya, diperoleh pendapatan terbesar pada bulan Maret 2022, yaitu sebesar Rp. 1.077.792.631dengan total bill 5940. Sementara total bill terbanyak terjadi pada bulan Agustus2022, yaitu sebanyak 7978 bill dengan pendapatan sebesar Rp.532.131.466. Sebaliknya, total bill dan revenue terendah diperoleh pada bulan Januari 2021,dengan total bill sebanyak 945 dan revenue Rp. 43.404.680, yang diduga karena faktor awal pembukaan usaha.

 

iii. Berdasarkan data yang diberikan tentang klasifikasi hari (Weekday dan Weekend) dan jumlah nomor tagihan (bill_number) untuk masing-masing klasifikasi, berikut adalah dua rekomendasi yang dapat diberikan:

  1. Fokuskan Upaya Pemasaran pada Akhir Pekan (Weekend):

    • Mengingat jumlah tagihan yang lebih tinggi selama akhir pekan, rekomendasikan untuk mengoptimalkan upaya pemasaran dan promosi pada hari Sabtu dan Minggu.
    • Pertimbangkan penawaran khusus, diskon, atau insentif yang berlaku hanya pada akhir pekan untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mendorong peningkatan penjualan.
  2. Perbaiki Layanan dan Ketersediaan pada Hari Kerja (Weekday):

    • Dengan jumlah tagihan yang lebih tinggi selama hari kerja, fokuskan pada peningkatan layanan pelanggan dan ketersediaan produk saat itu.
    • Pastikan staf yang mencukupi tersedia untuk mengatasi lonjakan pesanan atau permintaan yang mungkin terjadi pada hari-hari kerja sibuk.
    • Tingkatkan komunikasi dan koordinasi internal untuk memastikan pesanan diproses dengan tepat waktu dan kepuasan pelanggan tetap terjaga.

iv. Berdasarkan data yang diberikan tentang total penjualan (grand_total) dan kategori diskon (Discount Categories), berikut adalah dua rekomendasi yang dapat diberikan:

  1. Promosikan Diskon Bundling (Bundling Discounts):

    • Diskon Bundling dengan total penjualan sebesar $7,763,352,959 menunjukkan popularitas dan dampak yang signifikan pada penjualan.
    • Rekomendasikan untuk terus mempromosikan dan mengoptimalkan strategi diskon bundling untuk mendorong penjualan lebih lanjut.
    • Pertimbangkan untuk mengembangkan paket bundling yang menarik dan relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan untuk meningkatkan daya tarik dan nilai bagi pelanggan.
  2. Tingkatkan Pemanfaatan Diskon Berdasarkan Jumlah Total Penjualan:

    • Rekomendasikan untuk menganalisis kategori diskon berdasarkan kontribusinya terhadap total penjualan.
    • Fokuskan upaya pada diskon dengan jumlah total penjualan yang lebih rendah, seperti Diskon 6K, Diskon 24% Grab Food, atau Diskon 15%.
    • Perbarui dan sesuaikan strategi diskon ini untuk meningkatkan daya tarik dan penggunaannya, serta mendorong pertumbuhan penjualan pada kategori tersebut.

 

v. Berdasarkan data yang diberikan tentang kategori promosi (promotion), jumlah total penjualan (grand_total), dan jenis promosi, berikut adalah dua rekomendasi yang dapat diberikan:

  1. Fokus pada Promosi dengan Dampak Tinggi:

    • Analisis kategori promosi dengan jumlah total penjualan yang signifikan, seperti "*Open Bill Discount" dengan total penjualan sebesar $1,499,072,730.
    • Rekomendasikan untuk terus memperkuat promosi ini dengan mempertimbangkan penawaran yang lebih menarik, strategi pemasaran yang tepat, dan penargetan yang efektif untuk meningkatkan dampaknya pada penjualan.
  2. Evaluasi dan Perbaiki Promosi yang Kurang Efektif:

    • Tinjau kategori promosi dengan jumlah total penjualan yang rendah atau hanya satu-satuannya, seperti "Promo Partnership with Rukita 30k" atau "Promo Traveloka 50%".
    • Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya dampak atau keberhasilan promosi ini, seperti targeting yang tidak tepat, pesan yang kurang jelas, atau kurangnya kesadaran pelanggan.
    • Perbaiki dan optimalkan promosi-promosi ini dengan melakukan penyesuaian strategi, mencari kemitraan baru, atau mengevaluasi daya tarik dan keunggulan kompetitif promosi tersebut.

    •  

vi. Berdasarkan data yang diberikan tentang total penjualan (grand_total) di setiap cabang (branch) Foodstory, berikut adalah dua rekomendasi yang dapat diberikan:

  1. Fokuskan Upaya Peningkatan Penjualan pada Cabang Foodstory dengan Total Penjualan Rendah:

    • Tinjau cabang Foodstory dengan total penjualan yang lebih rendah, seperti FOODSTORY - Taman Palem dan FOODSTORY - Tebet.
    • Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan rendah di cabang-cabang ini, seperti lokasi yang kurang strategis, kurangnya promosi yang efektif, atau pengalaman pelanggan yang perlu ditingkatkan.
    • Fokuskan upaya pada meningkatkan visibilitas, pemasaran, dan pengalaman pelanggan di cabang-cabang ini untuk meningkatkan penjualan dan mencapai pertumbuhan yang lebih baik.
  2. Perkuat Keunggulan dan Strategi di Cabang Foodstory dengan Total Penjualan Tinggi:

    • Analisis cabang Foodstory dengan total penjualan yang tinggi, seperti FOODSTORY - Sawah Besar dan FOODSTORY - Sorrento.
    • Identifikasi faktor-faktor keberhasilan di cabang-cabang ini, seperti lokasi yang strategis, penawaran unik, atau pelayanan yang baik.
    • Perkuat keunggulan dan strategi di cabang-cabang ini untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan, seperti dengan meningkatkan kualitas layanan, mengembangkan menu khusus, atau memperluas jangkauan pemasaran.


     vii. Berdasarkan data yang diberikan tentang total penjualan (grand_total) berdasarkan klasifikasi hari (Day Classification), berikut adalah dua rekomendasi yang dapat diberikan

     Optimalisasi Strategi Penjualan pada Hari Kerja (Weekday):

    • Mengingat total penjualan yang lebih tinggi pada hari kerja, rekomendasikan untuk mengoptimalkan strategi penjualan pada hari-hari tersebut.
    • Pertimbangkan untuk menawarkan penawaran khusus, diskon, atau promosi menarik pada hari kerja untuk menarik pelanggan dan mendorong transaksi yang lebih tinggi.
    • Tingkatkan upaya pemasaran, periklanan, dan komunikasi dengan pelanggan pada hari kerja untuk meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan.

    Tingkatkan Aktivitas Promosi dan Acara pada Akhir Pekan (Weekend):

    • Meskipun total penjualan pada akhir pekan lebih rendah, rekomendasikan untuk meningkatkan aktivitas promosi dan acara khusus pada hari Sabtu dan Minggu.
    • Pertimbangkan untuk mengadakan acara khusus, kolaborasi dengan mitra bisnis, atau mengatur program loyalitas pelanggan yang dapat menarik minat pelanggan pada akhir pekan.
    • Tingkatkan visibilitas merek dan kehadiran online pada platform media sosial atau situs web selama akhir pekan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

     

     4. Kesimpulan dan Rekomendasi

    Berdasarkan temuan-temuan di atas, berikut rekomendasi yang bisa kami berikan:

    a. Detail Customer

     i. Berkontribusi paling besar dalam jumlah pesanan, perlu diberikan perhatian khusus pada mereka. Dapat dilakukan dengan memberikan pengalaman pelanggan yang superior, memberikan pelayanan yang personal, atau menawarkan program loyalitas yang eksklusif.


    ii. Meningkatkan penggunaan layanan pengiriman: Dalam hal ini, terlihat bahwa sebanyak 64,71% pelanggan lebih memilih menggunakan layanan pengiriman. Hal ini menunjukkan pentingnya memastikan kualitas dan efisiensi dalam layanan pengiriman. Dapat dilakukan dengan meningkatkan kerjasama dengan mitra pengiriman, mempercepat waktu pengiriman, atau memberikan kemudahan dalam proses pemesanan dan pengiriman. 

     iii. Memperhatikan preferensi penggunaan delivery: Dalam hal memesan, pelanggan cenderung lebih menyukai menggunakan layanan pengiriman. Hal ini menunjukkan pentingnya tetap memperhatikan dan meningkatkan kualitas layanan pengiriman, seperti mengoptimalkan waktu pengiriman, memastikan ketersediaan menu yang dipesan, atau memberikan fitur pelacakan pengiriman yang transparan bagi pelanggan.

    b. Laporan Penjualan (Level Cabang)

    i. Untuk menaikkan pemesanan di luar jam 11.00 - 13.00 serta pada weekend, Food Story dapat memberikan diskon pada pemesanan jam-jam tertentu dan pada hari- hari weekend atau promo gratis ongkir.


    ii. Cabang selain Sawah Besar dapat menaikkan omset dengan mengajukan kerjasama untuk menjadi vendor makan siang dengan gratis ongkir, terutama di daerah-daerah padat kantor, seperti Cipete, Kebun Jeruk, dsb.

    c. Laporan Penjualan (Level Menu)

    i. Memaksimalkan potensi menu Chicken Pao: Mengingat bahwa menu Chicken Pao menjadi kategori menu yang paling diminati, dapat dilakukan upaya untuk memperluas variasi dan inovasi menu Chicken Pao. Misalnya, menciptakan variasi rasa atau menambahkan pilihan topping yang menarik bagi pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik dan penjualan menu Chicken Pao secara keseluruhan.


    ii. Meningkatkan pendapatan melalui penggabungan menu: Mengingat bahwa menu lahap 1, Crispy Chicken BBQ Sauce, dan Crispy Chicken Garlic Sauce memberikan kontribusi pendapatan tertinggi, disarankan untuk menggabungkan menu-menu ini dalam bentuk bundling atau paket. Misalnya, menawarkan kombinasi menu lahap 1 dengan pilihan Crispy Chicken Original sebagai paket spesial dengan harga yang menarik. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk membeli menu dalam jumlah yang lebih besar dan meningkatkan pendapatan per transaksi.


    iii. Memanfaatkan korelasi positif antara harga dan kuantitas: Diketahui bahwa terdapat korelasi positif antara harga menu dan kuantitas yang terjual. Hal ini menunjukkan bahwa ketika harga menu dinaikkan, kuantitas yang terjual juga meningkat. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan evaluasi harga menu dan mempertimbangkan penyesuaian yang tepat untuk meningkatkan pendapatan. Namun, perlu diingat bahwa penyesuaian harga harus tetap sejalan dengan persepsi nilai yang diberikan kepada pelanggan. 

    d. Laporan Penjualan (Level Customer)

    i. Strategi Promosi: Mengingat sebagian besar pesanan (97,9%) dilakukan tanpa adanya promosi, terdapat peluang untuk meningkatkan pendapatan dengan menerapkan strategi promosi yang tepat sasaran. Perlu dipertimbangkan untuk menawarkan diskon menarik atau penawaran khusus guna mendorong pelanggan untuk melakukan lebih banyak pembelian.

    ii. Capitalize on Peak Months: Bulan Maret 2022 adalah bulan dengan pendapatan tertinggi, sedangkan bulan Agustus 2022 memiliki total bill tertinggi. Perlu diidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi pada kesuksesan di bulan-bulan tersebut dan ulangi strategi tersebut pada periode lainnya. Untuk itu perlu dilakukan kampanye pemasaran yang ditargetkan selama bulan-bulan tertentu untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan.

    iii. Meningkatkan pendapatan di hari kerja (weekdays): Walaupun pendapatan pada akhir pekan menyumbang 45,7% dari total pendapatan, pendapatan di hari kerja tetap harus dimaksimalkan. Untuk itu dapat dilakukan dengan promosi atau program loyalitas yang berfokus pada hari kerja untuk mendorong pelanggan memilih Food Story dibandingkan pesaing lainnya. Selain itu juga dapat dilakukan dengan mempertimbangkan untuk menjalin kerjasama dengan bisnis atau kantor lokal untuk menawarkan penawaran eksklusif kepada karyawan mereka saat istirahat makan siang atau setelah jam kerja.

    iv. Mengoptimalkan jam sibuk: Jam sibuk untuk pesanan adalah sekitar waktu makan siang dan waktu makan malam. Untuk itu harus dipastikan adanya staf dan sumber daya yang cukup selama jam-jam sibuk ini untuk memberikan layanan yang efisien dan mencegah keterlambatan. Selain itu juga perlu diterapkan strategi seperti pre- order, reservasi online, atau penawaran khusus bagi pelanggan yang memesan di luar jam sibuk untuk mendistribusikan permintaan secara merata sepanjang hari.

    v. Ekspansi dan Replikasi Cabang: Cabang FoodStory Sawah Besar berkontribusi secara signifikan terhadap pendapatan keseluruhan. Untuk itu perlu dipertimbangkan untuk menggandakan strategi yang sukses diterapkan cabang ini ke lokasi lain. Lakukan riset pasar untuk mengidentifikasi area potensial untuk ekspansi cabang dan evaluasi kelayakan membuka cabang baru di lokasi strategis
    guna menjangkau basis pelanggan yang lebih luas.

    vi. Engagement dan Loyalitas Pelanggan: Terapkan program loyalitas pelanggan untuk mendorong pembelian ulang dan menciptakan rasa eksklusivitas. Hal ini bisa dilakukan dengan menawarkan hadiah, diskon, atau bonus kepada pelanggan setia yang sering melakukan pemesanan. Manfaatkan data dan preferensi pelanggan


     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     


Komentar

  1. Data yang d sajikan sangat akurat

    BalasHapus
  2. Pemaparan insight cukup detail..God job

    BalasHapus
  3. mantap materinya bisa dipelajari untuk peningkatan sektor bisnis

    BalasHapus
  4. berguna sekali, penjelasannya rinci dan mudah dipahami

    BalasHapus
  5. detailed and accurate research, thank you for the explanation, I like it

    BalasHapus

Posting Komentar